May 16, 2013

Ragam Pilihan Tablet PC Windows 8

Mastereon - Hadirnya teknologi komputer tablet yang diprakarsai oleh iPad dari Apple merupakan inovasi yang telah mengubah begitu banyak hal. Salah satunya adalah menurunnya jumlah pembelian dan penggunaan komputer PC dan laptop, dimana untuk melakukan surfing website, cek surel (email), chating, multimedia dsb sudah dapat dilakukan oleh tablet dengan menghemat banyak waktu, tenaga dan uang.

Namun sejatinya tablet tidak pula dapat menggantikan tugas utama sebuah PC/laptop dalam melakukan pekerjaan berat. Tablet tidak (atau belum) dirancang untuk melakukan tugas-tugas produktif, semisal kenyamanan mengetik di tablet tentu jauh berbeda dengan mengetik di laptop. Bahkan tablet belum mampu menjalankan aplikasi-aplikasi utama para desainer grafis dan para programmer.

Menjawab kesenjangan tersebut, Microsoft dengan Windows 8 hadir sebagai pelopor lahirnya komputer convertible (tablet PC), yaitu sebuah laptop yang dapat pula menjadi sebuah tablet. Dengan perangkat utama sebuah tablet yang dapat dipasang ke sebuah keyboard fisik dan mengubahnya menjadi sebuah laptop dengan kemampuan sebuah ultrabook. Berikut ini adalah beberapa ragam pilihan laptop convertible dengan OS Windows 8 yang dapat kawan pertimbangkan sebagai pilihan:

1. Microsoft Surface
Microsoft Surface merupakan tablet convertible yang dibesut oleh Microsoft. Hadir dengan 2 varian: Windows RT dan Windows 8 Pro, perangkat ini dipersenjatai dengan processor Quad-core NVIDIA Tegra 3, memory 2GB RAM, konektifitas lengkap seperti WiFi dan Bluetooth, layar lebar 10'1 inch, mendukung pemutaran video HD (1080p dan 720p), serta kapasitas storage mulai dari 32GB dan 64GB (dapat diperbesar melalui slot memory), perangkat ini merupakan sebuah tablet yang jika dipasang ke keyboard fisik maka akan berganti menjadi sebuah laptop PC.

Microsoft Surface dijual dengan harga $499 untuk Windows RT dan $899 untuk Windows 8 Pro. Namun sangat disayangkan Microsoft belum berencana menjual perangkat ini di Indonesia secara resmi.

2. Samsung Ativ Smart PC
Hampir mengikuti jejak Microsoft, Samsung merilis perangkat Samsung Ativ Smart PC ini dengan dua varian pula: Samsung Ativ Smart PC dan Samsung Ativ Smart PC Pro. Perbedaan utama kedua varian ini ada pada 'otak' alias processor yang disematkan pada mereka, dimana Samsung menyematkan processor Intel Atom Z2760 pada Ativ Smart PC, sedangkan untuk Ativ Smart PC Pro disematkan Intel Core i5.

Samsung membekali perangkat ini dengan layar yang lebih lebar dari para pesaingnya, yaitu 11,6 HD LED dengan resolusi 1366 x 768, memory 2GB RAM, dan kapasitas storage 64GB. Samsung juga memberikan kelebihan lain berupa koneksi lengkap Bluetooth, Wifi dan slot micro SIM-card untuk koneksi internet 3G (HSPA+) yang merupakan fitur yang tidak didapat dari perangkat Microsoft Surface. Dilengkapi pula dengan S-Pen, sebuah pen stylus fisik, seperti yang dimiliki perangkat Samsung Galaxy Note series, membuat perangkat ini benar-benar sangat mempesona.

Kawan dapat memiliki Samsung Ativ Smart PC dengan harga Rp. 9,5 jutaan dan untuk Samsung Ativ Smart PC Pro dibanderol dengan harga Rp. 13 jutaan.

3. Acer Iconia W510 PC Tablet
Jika dibandingkan dengan perangkat lainnya, produk Acer ini mungkin tidak lebih unggul dalam sisi fitur dan hardware. Namun dengan harga yang lebih terjangkau, perangkat ini boleh jadi merupakan pilihan yang tepat bagi kawan yang ingin mendapatkan fitur lebih namun dengan harga lebih murah. Acer Iconia W510 PC Tablet menawarkan sensasi laptop convertible dengan Windows 8 dan dipersenjatai dengan processor Intel Atom Z2760, layar 10.1 HD beresolusi 1366 x 766, memory 2GB RAM, dan storage 36GB.

Salah satu kelebihan perangkat ini adalah daya tahan baterai yang mencapai 10 jam jika digunakan sebagai tablet, dan bila dipasang pada docking keyboard maka akan bertahan hingga 16 jam. Selain itu, sebagai layar laptop dapat diputar hingga 259 derajat pada docking keyboard. Namun sayangnya perangkat ini tidak dilengkapi dengan slot SIM-card sehingga untuk koneksi internet masih mengandalkan jaringan hotspot.

Perangkat ini dapat kawan bawa pulang dengan harga Rp. 7,4 jutaan.

4. Asus Taichi
Asus Taichi hadir dengan keunikan tersendiri. Perangkat ini bukan tablet PC yang dapat diubah menjadi laptop dengan menempelkan keyboard docking. Asus Taichi merupakan perangkat laptop dengan layar ganda! Dengan bentuk seperti laptop konvensional yang dibekali OS Windows 8, laptop ini memiliki layar tambahan pada bagian cover luar (sisi luar laptop) yang merupakan layar sebagai perangkat tablet.

Dibekali processor Intel Core i7, layar 11.6 Full HD pada kedua layar, memori y RAM 4GB, dan kapasitas storage 256GB SSD, perangkat ini sudah setara dengan sebuah ultrabook yang powerfull. Namun sayangnya harga yang ditawarkan juga cukup fantastis, yaitu sekitar Rp. 18 jutaan.

5. Dell XPS12

Perangkat Dell XPS12 dilengkapi dengan keunikan pada desain layarnya, dimana layarnya didesain dapat berputar secara vertikal dengan bertumpu pada engsel di bingkai layar pada docking keyboard. Untuk menjadi sebuah tablet, cukup memutar kearah luar dengan docking keyboard tertutup melekat di belakang layar.

Dipersenjatai dengan processor Intel Core i5, dengan layar lebar 12.5 inch beresolusi 1920 x 1080, memory RAM 4GB, konektifitas bluetooth dan wifi (tanpa slot SIM-card), dan storage 128GB perangkat ini terhitung cukup powerfull sebagai ultrabook, walaupun sedikit terlalu besar dan berat sebagai tablet.

Dengan dipatok harga Rp. 13 jutaan, perangkat ini sudah dapat kawan bawa pulang.

6. Acer Aspire P3

Acer Hybrid Ultrabook Aspire P3 - 171 (core i3) merupakan smart PC dengan desain revolusioner yang merupakan perpaduan antara kecanggihan serta kenyamanan notebook dan tablet dalam satu perangkat. Ditunjang layar HD LED 11.6 inch touchscreen, prosesor Intel Core i3-3229Y processor (3 MB L3 cache, 1.4 GHz, DDR3 1600 Mhz, 13 W TDP) dan SSD 60 GB untuk versi Intel Core i3, dan prosesor Intel CoreTM i5-3339Y processor (3 MB L3 cache, 1.50 GHz with Turbo Bosst up to 2.00 GHz) dan SSD 120 GB untuk versi Intel Core i5. Ultrabook dengan OS Windows 8 ini dilengkapi Intel HD Graphic 4000, Acer Crystal Eye webcam, Dolby Home Theater v4, serta konektivitas Wi-Fi, Bluetooth v4.0 dan USB 3.0 port, juga sejumlah fitur untuk hiburan maupun kebutuhan profesional Anda.

Produk baru ini dapat kawan beli dengan kisaran harga Rp. 8 jutaan untuk versi Intel Core i3 dan Rp. 9 jutaan untuk versi Intel Core i5.

Yang mana yang merupakan pilihan kawan?

Share this

0 Comment to "Ragam Pilihan Tablet PC Windows 8"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.