Oct 1, 2012

Bolehkah Cabut Langsung USB Drive?

Bolehkah Cabut Langsung USB Drive?
Mastereon - Berkembang mitos bahwa karena USB Drive tidak terkunci selama dicolok ke port USB di PC maka Windows dapat mendeteksi secara otomatis ketika USB Drive dilepas dari port-nya tanpa di-eject terlebih dahulu. Benarkah mitos itu? Untuk mencari jawabannya Chip edisi Agustus menjelaskan duduk perkaranya.

Fakta yang ada ternyata melarang kita untuk menarik USB Drive tanpa meng-eject-nya terlebih dahulu. Jika masih termakan mitos tadi, silakan tanggung risikonya.

Ada beberapa risiko yang bisa menimpa USB Drive jika dicabut tanpa melalui prosedur yang aman (Safely Remove Hardware). Yang pertama, data bisa hilang jika proses copy data belum selesai dan kita sudah mencabutnya. Risiko yang lebih besar adalah ketika USB Drive diformat dengan NTFS agar dapat memproses file berukuran lebih besar dari 4 GB. Pada partisi NTFS, Windows menempatkan sebuah Write Cache pada cakram keras. Artinya, data-data tidak langsung ditulis secara fisik tetapi diproses dulu dalam cache.

Cache itu juga dapat aktif untuk sistem berkas yang lain karena secara default tidak dipilih "Optimized for faster eject", tetapi "Optimized for performance". Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan data, gunakan prosedur "Safely Remove Hardware".

Risiko lain adalah komponen USB Drive bisa rusak karena terjadi overvoltage atau hubungan singkat secara tiba-tiba jika dicabut dari colokannya tanpa melalui prosedur "Safely Remove Hardware". Ketika kedua pin data di bagian dalam USB Drive dipasok dengan arus yang lebih tinggi daripada pin tegangan di bagian luar, kondisi tersebut dapat menciptakan efek Latch Up sehingga transistor akan terhubung dengan aliran listrik yang tak terkira besarnya. Akibatnya komponen bisa terbakar.

Efek ini bisa dihindari dengan membuat kontak pin tegangan lebih panjang dari pada pin data. Namun, kerusakan pada kontak masih dapat menimbulkan efek Latch Up. Ketika USB Drive dicabut melalui "Safely Remove Hardware", USB Drive tidak aktif sehingga konsumsi arus listrik lebih kecil.

Jadi, agar aman, USB Drive harus di-eject terlebih dahulu sebelum dicabut. Atau risiko tanggung sendiri.

Share this

0 Comment to "Bolehkah Cabut Langsung USB Drive?"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.