Jul 4, 2012

Mengapa Otak Manusia Memiliki Banyak Lipatan?

Mastereon - Mengapa otak manusia memiliki banyak lipatan? Berikut ini adalah beberapa jawaban yang dinukilkan dari buku 'Mana yang Lebih Banyak, Orang Mati atau Orang Hidup? Dan Mengapa Rambut Menjadi Uban?' oleh Mick O'Hare.
Q: Mengapa banyak sekali lipatan di permukaan otak?
Brian Lassen
Canberra, Australia

Otak mempunyai lipatan-lipatan (fissures) guna meningkatkan luas permukaan untuk korteks. Makhluk lebih rendah seperti tikus memiliki otak lebih mulus. Sebagian kerja yang berlangsung dalam otak dilaksanakan oleh beberapa lapisan sel paling atas—dengan demikian sebagian besar volume otak saling terhubung secara point to point.

Maka, jika otak perlu melakukan pengolahan data dalam jumlah besar, membuat lipatan-lipatan jauh lebih efisien daripada membentangkan permukaan otak yang mengharuskan peningkatan diameter batok kepala. Anthony Staines
Melalui email, tanpa alamat

Menurut penelitian lipatan-lipatan itu diciptakan guna menambah luas permukaan korteks otak (cerebral cortex). Pertanyaan yang sesungguhnya adalah mengapa harus demikian. Jawabnya barangkali terletak pada jumlah relatif koneksi jarak dekat (short range connection) dan koneksi jarak jauh (long range connection) yang diperlukan.
Apabila kerja otak memerlukan koneksi-koneksi jarak dekat lebih banyak, lebih masuk akal jika unit-unit pengolah dikemas secara kompak dalam pelat-pelat tipis, yang hampir dua dimensi, sementara dimensi ketiga dicadangkan untuk koneksi-koneksi jarak jauh.
Apabila neuron-neuron terdistribusi secara homogen dalam seluruh volume otak, koneksi-koneksi jarak jauh barangkali akan lebih pendek, namun mereka akan mengambil ruang antara unit-unit komputasi otak dan karena itu memerpanjang koneksi-koneksi jarak dekat, yang berakibat volume otak keseluruhan harus diperbesar.
Janne SinkkonenFinlandia

Jawaban lain yang mungkin terkait dengan banyak panas yang dihasilkan dalam otak.
—Editor

Jaringan-jaringan otak mengonsumsi energi dalam jumlah besar-besaran maka panas yang dihasilkan harus dibuang. Letakkan tangan Anda pada kepala kemudian rasakan bahwa bagian itu lebih panas dibanding paha Anda, misalnya.
Otak pada vertebrata (hewan bertulang belakang) yang lebih rendah tidak memiliki lipatan sebanyak otak manusia karena panas yang harus dibuang relatif lebih sedikit.
Sebaliknya, manusia memiliki otak lebih besar yang harus bekerja jauh lebih keras. Lipatan-lipatan tambahan dalam otak kita berfungsi meningkatkan luas permukaan untuk pembuluh-pembuluh darah yang berfungsi membuang kelebihan panas dari kerja otak yang ekstra keras. Apabila hidup makin sulit dan otak kita dipaksa bekerja makin keras, tidak mustahil proses evolusi akan menghasilkan spesies manusia dengan lipatan-lipatan otak lebih banyak lagi guna meningkatkan kemampuan pembuangan panas yang akan dihasilkan.
Gerald Legg
Brighton, West Sussex, Inggris

Banyak vertebrata cerdas yang dikaruniai baik otak berukuran besar maupun korteks otak (cerebral cortex) yang sangat rumit. Oleh sebab itu walaupun dolfin dan ikan hiu memiliki ukuran yang kurang lebih sama, otak dolfin ernyata lebih besar dan lebih berlipat-lipat daripada otak ikan hiu.
Kucing dan kelinci pun memiliki ukuran hampir sama tetapi kucing, sebagai hewan pemakan daging (karnivora), memiliki gaya hidup lebih kompleks, yang sudah barang tentu memerlukan kecerdasan lebih tinggi, maka kucing memiliki otak berlipat-lipat sedangkan kelinci tidak demikian.
Ukuran hewan juga sebuah faktor yang penting. Tikus, meskipun menunjukkan perilaku yang cerdas, hampir tidak memiliki lipatan dalam otak mereka sedangkan gajah dan paus memiliki otak yang bahkan lebih berlipat-lipat daripada otak manusia.
Yang menarik adalah kenyataan bahwa korteks otak lebih besar tidak berarti jumlah sel saraf korteks (cortical nerve cell) juga harus lebih besar.
Salah satu alasan untuk ini adalah bahwa rasio glia (jaringan penghubung dalam sistem saraf) terhadap neuron jauh lebih besar pada vertebrata ukuran besar. Akibatnya, korteks otak—sebuah struktur yang laminer perlu mengambil bentuk berlipat-lipat guna menampung jumlah neuron lebih besar, sementara hewan kecil tidak usah memiliki korteks berlipat-lipat.
E. Ramon Moliner
North Hatley, Quebec, Kanada

Share this

0 Comment to "Mengapa Otak Manusia Memiliki Banyak Lipatan?"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.