mastereon
Loading...

Cara Ubah Ekstensi File

Mastereon - Ternyata di antara kawan-kawan Reon masih banyak juga yang belum tahu cara ubah ekst...

cara ubah ekstensi file
Mastereon - Ternyata di antara kawan-kawan Reon masih banyak juga yang belum tahu cara ubah ekstensi file. Ekstensi file merupakan identitas file yang akan menentukan dengan format dan aplikasi apa file tersebut akan dibaca. Misalnya ekstensi file dari Microsoft Word 2003 adalah .doc, sedangkan ekstensi file Microsoft Word 2007/2010 adalah .docx, atau ekstensi file musik seperti MP3 yaitu .mp3, juga video yang memiliki ragam ekstensi seperti .mp4, .avi, .mkv dll.

Secara default, OS Windows (XP, Vista dan 7) 'menyembunyikan' ekstensi pada file dengan tujuan agar tidak dapat diubah secara tak sengaja, karena mengubah ekstensi suatu file akan mengubah cara membaca file tersebut sehingga file tersebut tidak dapat dibuka. Untuk mengubah ekstensi sebuah file sangatlah mudah, berikut ini cara ubah ekstensi file menggunakan OS Windows 7.

Pertama, buka folder tempat file disimpan. Pada folder tersebut hanya tampak nama file-nya saja, sementara nama ekstensinya tidak dicantumkan. Pada contoh gambar berikut tertera nama file-nya adalah Q dan Untitled.
cara ubah ekstensi file

Kedua, pilih menu 'Organize' pada kiri atas dan pilih 'Folder and Search Options' sehingga muncul 'Folder Option' seperti tampilan menu berikut:
cara ubah ekstensi file
Pilih tab 'View'. Hilangkan centang pada pilihan 'Hide extensions for known file types'. Klik OK.
cara ubah ekstensi file

Sekarang folder akan menampilkan nama file beserta ekstensinya, misalnya Q.docx dan Untitled.pdf. File dengan ekstensi .docx merupakan file Microsoft Word 2007/2010 sedangkan ekstensi .pdf merupakan file PDF (ebook).

Cara ubah ekstensi file adalah dengan cara klik kanan dan pilih 'Rename' dan kawan langsung bisa mengubah ekstensi file yang berada dibelakang titik. Semoga bermanfaat.
Windows 7517745544386406551

Home item

HD Rilis Bulan Ini

Artikel Populer

Follow by Email

Statistics