mastereon
Loading...

Panduan Sederhana Cara Install Windows 7

Mastereon - Setelah sebelumnya Mastereon mem-posting artikel tutorial tentang cara install Windo...

cara install windows 7 usb flashdisk
Mastereon - Setelah sebelumnya Mastereon mem-posting artikel tutorial tentang cara install Windows XP dengan USB flashdisk dan cara install windows vista menggunakan flashdisk, dan Mastereon juga telah menyediakan tutorial bagaimana cara install windows 7 menggunakan USB flashdisk. Dalam potingan kali ini Mastereon akan membagikan cara install windows 7 menerapkan cara yang lebih sederhana dan lebih mudah untuk meng-install windows 7. Seperti yang sudah kawan ketahui, Windows 7 dapat di install pada suatu komputer atau laptop melaliui beberapa cara, antara lain:

  1. DVD
    Cara ini adalah cara install windows 7 yang paling umum namun memiliki kelemahan yaitu pada kondisi kaset DVD beserta optik DVD-Rom yang haruslah dalam keadaan baik dan tentu saja cara ini menjadi kendala utama oleh pengguna netbook yang tidak memiliki perangkat DVD-Rom pada Netbook-nya.

    Cara install: cukup menjalankan kaset DVD installer Windows 7 pada DVD-Rom yang terpasang di komputer/laptop.
  2. File .ISO
    Cara ini merupakan cara install windows 7 yang saat ini cukup populer dan merupakan alternatif yang lebih efisien dan efektif, dimana menginstall Windows 7 menggunakan cara ini dapat lebih cepat dan juga menjaga keawetan kaset DVD Windows 7 installer beserta perangkat DVD-ROM. Dan tentu saja, cara ini bisa diterapkan oleh kawan pengguna Netbook yang tidak memiliki perangkat DVD-Rom.
    Namun kelemahan dari cara ini adalah kawan hanya dapat menginstall Windows 7 pada komputer yang sudah terinstall WIndows dan masih dapat beroperasi, karena untuk menginstall Windows 7 dengan cara ini kawan memerlukan perantara aplikasi virtual drive serperti Hiren Boot atau Daemon Tools untuk menjalankan file .ISO nya.

    Cara install: Kawan harus menginstall aplikasi virtual drive seperti Hireen Boot atau Daemon Tools, setelah itu jalankan aplikasi tadi dan mount file .ISO installer Windows 7, lalu proses instalasi Windows 7 siap dijalankan.
  3. USB Flashdisk
    Cara ini merupakan cara install windows 7 yang paling populer dan paling efektif serta efisien dimana kawan dapat meng-install windows 7 melalui perantara USB Flashdisk, artinya kita bisa menggantikan fungsi DVD-Rom dengan Flashdisk. Namun cara ini akan lebih merepotkan dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya, karena kawan diharuskan memformat flashdisk terlebih dahulu, lalu meng-copy file installer Windows 7 ke Flashdisk, mengubah booting pada BIOS komputer, barulah bisa menginstall Windows 7.
    Kelebihan cara ini adalah, seperti pada instalasi Windows 7 menggunakan kaset DVD, kawan dapat menginstall windows 7 pada komputer yang belum terinstall OS sama sekali, atau terinstall OS lain (seperti Linux misalnya), ataupun Windows yang terinstall sudah rusak atau terkena virus.

    Cara install: Flashdisk terlebih dahulu harus di format secara khusus, lalu kawan dapat menginstall aplikasi perantara seperti WinSetupFromUSB, WinToFlash, Windows7 USB/DVD, Setup from USB dan lain-lain yang akan meng-handle proses pemformatan dan pengkopian flashdisk. Karena blog-blog lain sudah sangat banyak mengupas masalah ini, untuk tutorialnya silahkan kawan cari di google saja.
  4. Folder Installer Windows 7
    Cara ini merupakan cara install windows 7 yang paling sederhana dan mudah, karena untuk menginstall windows 7 tidak membutuhkan perangkat atau aplikasi apapun. Namun kelemahan cara ini adalah hanya bisa diterapkan untuk meng-install ulang  komputer yang sudah terinstall WIndows dan masih dapat beroperasi. Jadi tidak bisa kawan terapkan pada komputer yang masih kosong OS-nya, atau Windows-nya sudah tidak bisa dioperasikan lagi.

    Cara install: Kawan hanya perlu meng-copy isi DVD installer Windows 7 ke dalam sebuah folder, atau jika sudah memiliki file .ISO instaler Windows 7, kawan hanya perlu meng-ekstraknya saja menggunakan aplikasi 7zip. Setelah itu buka folder dan jalankan file 'setup.exe' dan proses instalasi akan dimulai.
Semudah menginstall aplikasi biasa kan? Itulah kelebihan Windows 7 dibanding pendahulunya, Windows XP atau Windows Vista!

Windows 2437646735420486239

Home item

HD Rilis Bulan Ini

Artikel Populer

Follow by Email

Statistics