Panduan Sederhana Cara Install Windows 7

cara install windows 7 usb flashdisk
Mastereon - Setelah sebelumnya Mastereon mem-posting artikel tutorial tentang cara install Windows XP dengan USB flashdisk dan cara install windows vista menggunakan flashdisk, dan Mastereon juga telah menyediakan tutorial bagaimana cara install windows 7 menggunakan USB flashdisk. Dalam potingan kali ini Mastereon akan membagikan cara install windows 7 menerapkan cara yang lebih sederhana dan lebih mudah untuk meng-install windows 7. Seperti yang sudah kawan ketahui, Windows 7 dapat di install pada suatu komputer atau laptop melaliui beberapa cara, antara lain:

  1. DVD
    Cara ini adalah cara install windows 7 yang paling umum namun memiliki kelemahan yaitu pada kondisi kaset DVD beserta optik DVD-Rom yang haruslah dalam keadaan baik dan tentu saja cara ini menjadi kendala utama oleh pengguna netbook yang tidak memiliki perangkat DVD-Rom pada Netbook-nya.

    Cara install: cukup menjalankan kaset DVD installer Windows 7 pada DVD-Rom yang terpasang di komputer/laptop.
  2. File .ISO
    Cara ini merupakan cara install windows 7 yang saat ini cukup populer dan merupakan alternatif yang lebih efisien dan efektif, dimana menginstall Windows 7 menggunakan cara ini dapat lebih cepat dan juga menjaga keawetan kaset DVD Windows 7 installer beserta perangkat DVD-ROM. Dan tentu saja, cara ini bisa diterapkan oleh kawan pengguna Netbook yang tidak memiliki perangkat DVD-Rom.
    Namun kelemahan dari cara ini adalah kawan hanya dapat menginstall Windows 7 pada komputer yang sudah terinstall WIndows dan masih dapat beroperasi, karena untuk menginstall Windows 7 dengan cara ini kawan memerlukan perantara aplikasi virtual drive serperti Hiren Boot atau Daemon Tools untuk menjalankan file .ISO nya.

    Cara install: Kawan harus menginstall aplikasi virtual drive seperti Hireen Boot atau Daemon Tools, setelah itu jalankan aplikasi tadi dan mount file .ISO installer Windows 7, lalu proses instalasi Windows 7 siap dijalankan.
  3. USB Flashdisk
    Cara ini merupakan cara install windows 7 yang paling populer dan paling efektif serta efisien dimana kawan dapat meng-install windows 7 melalui perantara USB Flashdisk, artinya kita bisa menggantikan fungsi DVD-Rom dengan Flashdisk. Namun cara ini akan lebih merepotkan dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya, karena kawan diharuskan memformat flashdisk terlebih dahulu, lalu meng-copy file installer Windows 7 ke Flashdisk, mengubah booting pada BIOS komputer, barulah bisa menginstall Windows 7.
    Kelebihan cara ini adalah, seperti pada instalasi Windows 7 menggunakan kaset DVD, kawan dapat menginstall windows 7 pada komputer yang belum terinstall OS sama sekali, atau terinstall OS lain (seperti Linux misalnya), ataupun Windows yang terinstall sudah rusak atau terkena virus.

    Cara install: Flashdisk terlebih dahulu harus di format secara khusus, lalu kawan dapat menginstall aplikasi perantara seperti WinSetupFromUSB, WinToFlash, Windows7 USB/DVD, Setup from USB dan lain-lain yang akan meng-handle proses pemformatan dan pengkopian flashdisk. Karena blog-blog lain sudah sangat banyak mengupas masalah ini, untuk tutorialnya silahkan kawan cari di google saja.
  4. Folder Installer Windows 7
    Cara ini merupakan cara install windows 7 yang paling sederhana dan mudah, karena untuk menginstall windows 7 tidak membutuhkan perangkat atau aplikasi apapun. Namun kelemahan cara ini adalah hanya bisa diterapkan untuk meng-install ulang  komputer yang sudah terinstall WIndows dan masih dapat beroperasi. Jadi tidak bisa kawan terapkan pada komputer yang masih kosong OS-nya, atau Windows-nya sudah tidak bisa dioperasikan lagi.

    Cara install: Kawan hanya perlu meng-copy isi DVD installer Windows 7 ke dalam sebuah folder, atau jika sudah memiliki file .ISO instaler Windows 7, kawan hanya perlu meng-ekstraknya saja menggunakan aplikasi 7zip. Setelah itu buka folder dan jalankan file 'setup.exe' dan proses instalasi akan dimulai.
Semudah menginstall aplikasi biasa kan? Itulah kelebihan Windows 7 dibanding pendahulunya, Windows XP atau Windows Vista!

1 comments:

  1. mantab inpo nya oom..
    mungkin kita bisa bertuker informasi ato backlink.. X_X

    www.freebacklink.us

    ReplyDelete

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.