Jun 22, 2012

Mengapa Orang Yang Sedang Konsentrasi Cenderung Meleletkan Lidah?

Mastereon - Mengapa orang yang sedang konsentrasi melakukan sesuatu cenderung meleletkan lidahnya? Berikut ini adalah beberapa jawaban yang dinukilkan dari buku 'Mana yang Lebih Banyak, Orang Mati atau Orang Hidup? Dan Mengapa Rambut Menjadi Uban?' oleh Mick O'Hare.

Q : Orang yang sedang menangani pekerjaan rumit cenderung meleletkan lidah dan menjepitnya di antara kedua bibir. Mengapa? Apakah ini terjadi di semua budaya?
Steve Townsend
Tanpa alamat

Ketika Anda perlu berkonsentrasi pada sesuatu, misalnya mencari kata yang paling tepat, Anda menggunakan belahan otak yang juga digunakan untuk mengolah input motorik. Menarik sekali melihat bagaimana orang menjadi lambat ketika mereka sedang berpikir keras sambil berjalan. Ini terjadi karena kedua aktivitas ini kebetulan menggunakan bagian otak yang sama untuk pengolahannya sehingga satu sama lain saling mengganggu. Saya menduga bahwa dengan menggigit bibir atau meleletkan lidah, Anda menghentikan dahulu aktivitas motorik. Dalam hal ini kepala Anda pun terkesan kaku untuk meminimalkan gerak dan gangguan terhadap konsentrasi.
Melanie Western
Melalui email, tanpa alamat

Dalam situasi begini sebagian besar otak dikerahkan untuk mengendalikan lidah dan menerima sinyal rasa dari sana. Barangkali dengan lidah dibuat kaku di antara gigi dan bibir, aktivitas di daerah tersebut berkurang, memungkinkan pekerjaan-pekerjaan halus seperti memasukkan benang ke lubang jarum berlangsung tanpa gangguan.
Barry Lord
Rochdale, Lancashire, Inggris

Share this

0 Comment to "Mengapa Orang Yang Sedang Konsentrasi Cenderung Meleletkan Lidah?"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.