Jun 21, 2012

Benarkah Orang Bertangan Kidal Lebih Rentan Kecelakaan?

Mastereon - Benarkah orang bertangan kidal lebih rentan terhadap kecelakaan? Berikut ini adalah beberapa jawaban ilmiah yang dinukilkan dari buku 'Mana yang Lebih Banyak, Orang Mati atau Orang Hidup? Dan Mengapa Rambut Menjadi Uban?' oleh Mick O'Hare.

Q: Kidal itu sial?
Sebagai orang bertangan kidal saya senang sekaligus tersinggung oleh sebuah artikel di New Scientist yang mengatakan bahwa orang kidal mempunyai risiko lebih besar untuk meninggal karena kecelakaan. Bagaimana mungkin? Jelas bahwa orang bertangan normal memiliki peluang yang sama untuk meninggal karena kecelakaan seperti peluang saya. Atau barangkali ada sebuah faktor x yang campur tangan?
Alan Parker
London, Inggris

Ketika menjumpai sebuah penghalang, orang bertangan normal pada umumnya akan menghindari penghalang itu dengan memutar ke sebelah kanan, sedangkan orang kidal cenderung memutar ke sebelah kiri. Apabila dua orang bertangan sama-sama normal atau sama-sama kidal mendekati sebuah penghalang dari arah berlawanan mereka akan berpapasan dengan aman tanpa bertumbukan. Apabila dua orang dengan kecenderungan berbeda mendekati sebuah penghalang dariarah berlawanan, mereka akan lewat ke sisi penghalang yang sama, dan ini dapat membuat keduanya bertabrakan. Karena kebanyakan orang tidak kidal, orang bertangan kidal akan paling sering mengalami situasi seperti ini. Ini sebuah contoh yang sederhana, tetapi kalau ditinjau secara ekstrem dengan peluang berpapasan yang banyak sekali, peluang kecelakaan pada orang kidal jelas lebih besar.
Hannah Ben-Zci
New York, AS

Kami kaum kidal memiliki risiko lebih besar untuk tewas akibat kecelakaan karena perkakas dan mesin industri dirancang bagi orang-orang normal. Oleh sebab itu orang bertangan kidal lebih mungkin cedera oleh alat mekanik yang sedang mereka gunakan. Sebuah contoh yang menarik adalah senapan serbu SA-80. Ketika ditembakkan dari bahu kiri, senapan ini melontarkan selongsong peluru pada kecepatan tinggi, ke arah mata sang pengguna.
Daniel Bristow
Kew, Surrey, Inggris

Share this

0 Comment to "Benarkah Orang Bertangan Kidal Lebih Rentan Kecelakaan?"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.