May 21, 2012

Mengapa Rambut Berubah Menjadi Uban?

Mastereon - Mengapa Rambut Berubah Menjadi Uban? Berikut ini adalah beberapa jawaban ilmiah yang dinukilkan dari buku 'Mana yang Lebih Banyak, Orang Mati atau Orang Hidup? Dan Mengapa Rambut Menjadi Uban?' oleh Mick O'Hare.

Mengapa rambut berubah menjadi abu-abu (uban)?
Keren Bagon
Radlett, Hertfordshinre, Inggris

Abu-abu (atau putih) pada dasarnya adalah "warna" dasar rambut kita. Sel-sel pigmen yang terletak di dasar tiap kantung rambut (follicle) menghasilkan warna do- minan alami yang kita miliki sejak lahir. Bagaimanapun, ketika seseorang semakin berumur dan mencapai usia pertengahan, makin banyak sel pigmen seperti ini yang mati maka hilang pula warna rambut yang berpangkal pada kantung rambut yang sama. Akibatnya rambut orang itu secara berangsur-angsur berubah menjadi abu-abu, makin lama makin merata.
Seluruh proses ini barangkali berlangsung antara 10 hingga 20 tahun—jarang ada orang yang seluruh ram- butnya (yang, tergantung tingkat kerontokan, bisa men¬capai ratusan ribu helai) berubah menjadi abu-abu dalam semalam. Yang menarik, sel-sel pemberi warna sering mempercepat produksi pigmen sewaktu usia kita ber- tambah, maka rambut kadangkadang menjadi gelap untuk beberapa lama sebelum sel-sel pigmen itu mati.
Bob Barnhurst
Pointe-Claire, Quebec, Kanada

Share this

0 Comment to "Mengapa Rambut Berubah Menjadi Uban?"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.