May 15, 2012

Kenapa Kita Bersin Jika Terkena Cahaya?

Mastereon - Mengapa kita bersin ketika terkena cahaya? Berikut ini adalah beberapa jawaban ilmiah yang dinukilkan dari buku 'Mana yang Lebih Banyak, Orang Mati atau Orang Hidup? Dan Mengapa Rambut Menjadi Uban?' oleh Mick O'Hare.

Saya menyimak banyak orang memiliki kecenderungan bersin sewaktu mereka pindah dari kondisi gelap ke kondisi terang-benderang. Apa penyebabnya?
D. Boothroyd
Harpenden, Hertfordshire, Inggris

Sejumlah foton masuk ke dalam hidung Anda. Itu sebabnya!
Steve Joseph
Sussex, Inggris

Menurut saya jawabnya mungkin cukup sederhana: ketika cahaya matahari menyinari suatu daerah, khususnya yang terlindungi atau tertutup oleh kaca, tempat itu mengalami kenaikan temperatur lokal yang tidak sedikit. Ini menyebabkan udara di situ menjadi hangat dan bergerak ke atas. Aliran udara tersebut biasanya mengangkut berjuta-juta partikel debu dan bulu-bulu. Partikel-partikel inilah yang secara harfiah masuk ke dalam hidung seseorang ketika ia mendatanginya. Itu sebabnya ia bersin.
Alan Beswick
Birkenhead, Merseyside, Inggris

Saya, ibu saya, dan salah seorang saudari saya mengala¬mi kejadian ini. Saya merasa bahwa kecenderungan ini genetik dan, meskipun penyebabnya belum jelas, ada keuntungan evolusioner yang dianugerahkan kepada kami. Saya telah bertanya kepada banyak orang, ternyata orang yang bersin karena cahaya (sunsneezer) seperti kami tidak banyak. Kendatipun demikian, dengan lapisan ozon yang menipis dan makin banyak cahaya ultraviolet menembus atmosfer bumi, makin besar bahaya yang dapat terjadi ketika mata kita terkena cahaya matahari secara langsung. Kami, para pemilik gen bersin beruntung terhindar dari bahaya tersebut, sebab mata kami tomatis terpejam sewaktu kami bersin! Jadi, sementara sebagian besar orang pelan-pelan mengalami kebutaan, kami secara alami terpilih untuk tidak mengalaminya.
Alex Hallatt
Newbury, Berkshire, Inggris

Kecenderungan bersin ketika diterpa cahaya benderang disebut photic sneeze. Ini sebuah sifat genetik yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan dialami oleh antara 18 persen hingga 35 persen penduduk dunia. Bersin terjadi akibat gerak refleks yang berfungsi melindungi mata (dalam hal ini ketika orang tiba-tiba masuk ke tempat yang terang benderang) dan kebetulan hidung tergabung dalam sistem yang sama. Photic sneeze dianggap berbahaya bagi pilot pesawat tempur, terutama ketika mereka tiba-tiba harus berbelok menghadap matahari atau tiba-tiba terkena cahaya lampu sorot pasukan artileri pertahanan udara musuh pada malam hari.
R. Eccles
Common Cold and Nasal Research Centre, Cardiff, Inggris

Berikut ini beberapa pandangan orang zaman dahulu tentang bersin yang dipicu oleh cahaya benderang, diambil dari karya Francis Bacon Sylva Sylvarum (London: John Haviland for William Lee, 1635, halaman 170): "Memandang ke arah matahari sungguh membuat orang bersin. Penyebabnya, bukan karena cahaya matahari memanaskan hidung; sebab menutup hidung dari terpaan cahaya matahari, walaupun membuat orang berkedip, akan mengatasinya, akan tetapi penyebabnya adalah cairan otak yang tersedot turun. Sebab ini akan mem¬buat mata berair, dan cairan yang turun ke mata kemudian turun pula ke hidung, akibat gerak yang disengaja, dan ini diikuti dengan bersin, sebaliknya, menggelitik bagian dalam hidung, ternyata bisa menurunkan cairan ke hidung, dan ke mata dengan sengaja, karena cairan ini juga air. Akan tetapi, berdasarkan pengamatan, ketika seseorang tiba-tiba ingin bersin, menggosok-gosok mata, sampai penuh dengan air, akan mencegahnya. Alasannya, cairan yang seharusnya turun ke hidung, dialihkan ke mata."
C. W. Hart
Smithsonian Institution, Washington DC, AS

Share this

0 Comment to "Kenapa Kita Bersin Jika Terkena Cahaya?"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.