Oct 15, 2011

Cara Instal Ubuntu 11.10 - Oneiric Ocelot

Mastereon - Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelet dapat diinstal dalam banyak cara, salah satu metode termudah adalah menggunakan Wubi Installer. Biasanya ini digunakan untuk instal ubuntu dual booting dengan OS lain. Metode lainnya bisa lewat Flash Disk maupun CD Drive. 
Langkah 1. Download file *.iso Ubuntu 11.10 - Oneiric Ocelet
Download iso Ubuntu 11.10, pilih file arsip (ISO) tergantung pada arsitektur komputer kawan - seperti Intelx86 atau AMD64.
Langkah 2. Membuat Bootable Media
Kemudian membuat bootable USB stick/ drive atau CD/ DVD dari file ISO kawan yang baru saja di download. Jika kawan memilih media CD/ DVD, kawan bisa dengan mudah mem-burn-nya.
#Windows
Gunakan program 'universal USB installer' untuk membuat bootable dari flashdisk. Pada Windows 7 Anda dapat membakar file ISO langsung dengan memasukkan cd/ dvd ke tray dan pilih opsi Burn. 
#Ubuntu
Program 'Start Up Disk Creator' sudah terinstal secara default pada Ubuntu. Gunakan program ini untuk membuat bootable media. Jalankan programnya, pilih file ISO yang mau di burn, lalu pilih medianya, CD/ flashdisk.
Langkah 3. Masukkan CD atau USB dan restart
Komputer akan boot otomatis dari media bootable yang telah dibuat sebelumnya.
Klik ikon "Install Ubuntu 11.10" untuk memulai proses instalasi.

Langkah 4. Memilih tipe instalasi
Kalau kawan terhubung ke jaringan internet, beri tanda ceklis pada opsi "Download Updates" dan "install third party software". 
Kemudian pilih "continue", jendela baru akan ditampilkan. Kawan diminta memilih tipe instalasi.
 Kawan mungkin mendapatkan pilihan yang berbeda tergantung pada konfigurasi komputer. 
Install Ubuntu Alongside with them : ini akan menginstal Ubuntu 11.10 bersamaan dengan sistem operasi yang sudah ada sebelumnya. Kita mengenalnya dengan sebutan dual booting. 
Erase Entire Disk and Install Ubuntu : ini akan menghapus dan membersihkan semua harddisk Anda termasuk file dan sistem operasi sebelumnya. 
Something else : Kita bisa membuat, membagi dan memilih partisi harddisk untuk menginstal Ubuntu 11.10 dengan menggunakan advanced partition manager. 
Dalam contoh ini, kita pilih opsi yang ketiga, kemudian muncul jendela baru.

Langkah 5. Membuat partisi ext. 5 dan Menginstal Ubuntu 11.10
Pilih "free space" untuk membuat partisi baru, klik "New partition Table".
Klik "instal now" untuk memulai proses instalasi.

Langkah 6. Memasukan Informasi dasar dan membuat sebuah akun
Sementara proses instalasi sedang berlangsung, kawan akan diminta untuk memasukan beberapa informasi dasar seperti:
Lokasi, ini digunakan untuk mengatur waktu dan beberapa pengaturan lainnya. Pilih kota tempat tinggal kawan pada map.
Keyboard layout, biarkan saja apa adanya dan langsung klik continue. Masukan informasi mengenai akun kawan.
Langkah 7. Restart komputer
Proses instalasi akan segera selesai.
Kalau sudah selesai/complete, restart komputer dan lihatlah hasilnya. Ubuntu 11.10 - Oneiric Ocelot telah terinstall di komputer kawan.
Setelah ini, kawan bisa menginstal paket-paket tambahan dari repository yang sudah tersedia. 

Share this

11 Responses to "Cara Instal Ubuntu 11.10 - Oneiric Ocelot"

  1. Berkunjung kakak...Terimakasih infonya ya. Masih newbe belum ngerti cara install -menginstall linux hehehe

    ReplyDelete
  2. Salam kenal buat dedek Endry yah... Biar cepet terinstall laptop-nya dibanting-banting dlu, pasti lancar nginstallnya.. Hehehehe... ^_^

    ReplyDelete
  3. permisi gan newbie mau ijin bertanya. saat coba mendownload ubuntu 11.10 ane nemu installan ubuntu buat windows namanya wubi.exe, yang pengen ane tanyain wubi itu buat apa gan? trus ane pengen nanya juga kira2 suport ga ubuntu 11.10 degan driver asus A43SV?

    mohon petunjuknya ya kk. terima kasih...

    ReplyDelete
  4. Wubi.exe itu supaya menu instalasi ubuntu bisa jalan di windows, jd bro bisa coba jalanin ubuntu di windows... Klu soal support driver, ubuntu udah support byk driver jd ga usah khawatir...

    ReplyDelete
  5. oia bro
    klw mw install ubuntu jd os utamanya gmn bro??
    dan bgaimana caranya supaya data yg di partisi D dan E
    ga ilanng
    mohon bantuannya bro
    msh newbie ini
    heheh

    ReplyDelete
  6. Untuk Ubuntu sbg OS utama perhatikan pada langkah 5, yaitu pemilihan partisinya gunakan partisi yg sebelumnya digunakan oleh windows (biasanya '/dev/sda1 ntfs', pastikan juga partisi yg tepat dgn melihat besar/size partisi) ato partisi yg mmg sudah kawan siapkan sbg sistemnya... Centang pada kolom 'Format?' untuk memformat partisi tsb, lalu klik 'Install Now' dan lanjutkan langkah 6 dst...
    Agar partisi D dan E tidak ter-format, sebelum menginstall kawan harus bisa membedakan partisi2 yang ada pada langkah 5, caranya bisa dengan memperhatikan besaran size partisi untuk membedakannya... Klu udah ketauan mana yang partisi C, D, E maupun freespace udah gampang deh. Hati2 aja dgn centang 'Format?'

    ReplyDelete
  7. Maaf nih bro numpang nimbrung. Saya pernah install ubuntu 11.04. Kenapa pas udah beres install, tampilannya jadi rusak? Tapi kalo saya install ubuntu 10.04, tampilan jadi tidak rusak. Ini bukan masalah grafik card rusak, karena sebelumnya saya pake win*ows tidak apa2. Saya kemarin install di notebook. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Tampilann rusak spt apa bro? biasanya mslh spt ini ditemui pd laptop yg driver grafisnya sudah ga d support sm ubuntu sprti kasus pd laptop jadul sy. coba googling masalah ubuntu pada merk dan tipe laptopnya...

    ReplyDelete
  9. Terima kasi atas infox,,,,

    sy akan mencoba menginstal linux ubuntu 11.10 dgan dual booting
    smoga berhsil

    ReplyDelete
  10. Posting yang bagus..

    makasih infonya..

    http//www.stisitelkom.ac.id

    ReplyDelete

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.