Sep 3, 2011

Plugin Wordpress Yang Perlu Diwaspadai

Mastereon Plugin Wordpress Yang Perlu Diwaspadai
Mastereon - Bagi kawan yang memiliki blog dengan engine Wordpress self-hosting (Wordpress.org), tentunya sangat terbantu dengan adanya plugin-plugin yang memiliki segudang fitur dan keunggulan yang tidak dapat dirasakan oleh blogger dengan hostingan dari Wordpress.com maupun blogger. Tapi yang perlu kawan ketahui adalah tidak semua plugin yang kawan install akan bermanfaat atau membantu blog kawan menjadi optimal, karena bisa saja plugin-plugin tersebut justru akan menghambat, memperlambat bahkan mengganggu kinerja blog maupun server hosting. Akibatnya, seperti yang terjadi pada blog Mastereon beberapa waktu yang lalu, akibat tidak hati-hati dalam memilih plugin, atau bahkan kesalahan dalam menyetting plugin, blog Mastereon pernah tiga kali di-'deface' oleh hacker, eksekusi tampilan web yang lambat, bahkan yang terbaru adalah akun hosting Mastereon di-suspend karena salah satu plugin telah membuat kinerja server berat hingga sering down. Berikut ini kita akan berbagi pengalaman beberapa plugin yang mesti 'diwaspadai' karena berpotensi negatif.
  1. Akismet
    Akismet? Bukankah Akismet merupakan plugin anti-spam yang sangat populer dan powerful? Yup, tapi semenjak beberapa waktu yang lalu, entah karena server mereka memang lagi bermasalah, atau server hosting Mastereon yang sedang 'down', plugin Akismet di blog Mastereon seringkali menampilkan pesan 'The key below was previously validated but a connection to akismet.com can not be established at this time. Please check your server configuration.', artinya Akismet telah gagal dalam melakukan koneksi ke server Akismet. Penyebab paling mungkin adalah telah terjadi 'benturan' antara Akismet dengan plugin lain, dimana plugin tersebut teleah menutup akses Akismet untuk melakukan koneksi pada server Akismet. Baca juga di sini.
  2. Wordpress Security Scan
    Plugin keamanan yang satu ini seringkali membuat engine Wordpress Mastereon hanya dapat menampilkan pesan error di laman utama. Entah karena blog Mastereon yang menggunakan fitur Wordpress Multi-Site sehingga plugin ini memang 'bermasalah' ketika dijalankan, atau memang pluginnya yang sudah bermasalah. Beberapa waktu yang lalu, ketika plugin ini selesai di-upgrade, engine Wordpress Mastereon tiba-tiba langsung menampilkan pesan error di laman utama, termasuk anak blog-anak blognya. Jadi kita dapat simpulkan, plugin ini perlu untuk 'diwaspadai'.
  3. Wordpress Firewall
    Plugin keamanan yang ini sering 'berbenturan' dengan plugin lain karena plugin ini menutup akses plugin lain ke server luar yang dianggap 'tidak aman'. Contoh kasus yang dialami oleh blog Mastereon dimana plugin ini menutup akses Akismet melakukan koneksi ke server Akismet sehingga Akismet tidak dapat bekerja secara optimal. Selain itu, ketika terjadi aktifitas 'mencurigakan' yang diblok oleh plugin ini, plugin ini akan langsung mengirim email 'notification' ke email admin, yang mana jumlahnya bisa mencapai ratusan email dalam 1 hari. Bisa dibayangkan bagaimana beratnya server hosting bekerja karena plugin ini.
  4. Simple Ajax Shoutbox
    Plugin 'chat box' yang satu ini benar-benar 'hebat' karena telah membuat server hosting Mastereon di suspend! Lihat aja tampilan laman blog mastereon:
    Mastereon Plugin Wordpress Yang Perlu Diwaspadai
    Ketika ditanyakan kepada penyedia layanan hosting tentang penyebab akun hosting Mastereon di suspend, mereka memberikan jawaban sebagai berikut:
    Yth Mastereon,
    Domain mastereon.com Kami suspend, karena sangat memberatkan server dan beberapa membuat server tidak stabil bahkan down,
    Plugin yang memberatkan karena loadnya tinggi dan anyak, kemungkinan besar dari : shoutbox (public_html/wp-content/plugins/simple-ajax-shoutbox).
    Terima Kasih
Jadi bagi kawan yang menginstall banyak plugin di blog Wordpress self-hosting hendaknya HARUS SELEKTIF dan melakukan SETTING-AN DENGAN BENAR pada plugin-plugin yang telah diinstall karena jangan sampai apa yang dialami oleh blog Mastereon terjadi pada blog kawan juga. Selalu mengontrol kinerja plugin, kecepatan 'loading' laman web, dan periksa ada tidaknya 'benturan' antar-plugin sehingga dapat meringankan kinerja server hosting blog kawan.

Share this

0 Comment to "Plugin Wordpress Yang Perlu Diwaspadai"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.