May 30, 2011

Install Libreoffice Ke Ubuntu Lucid dan Maverick

Install Libreoffice Ke Ubuntu Lucid dan Maverick
Mastereon - LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran (office) yang sangat kompatibel dengan aplikasi sejenis yang sudah ada seperti microsoft office maupun openoffice. LibreOffice merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice yang sejak tahun 2010 sudah diakuisisi oleh Oracle. Karena merupakan pengembangan dari OpenOffice, maka semua fitur yang ada di dalam OpenOffice ada juga di LibreOffice.
Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre dan Office. Libre berasal dari bahasa spanyol dan perancis yang berarti bebas dan Office yang berasal dari bahasa inggris yang berarti Kantor. Karena mendukung semua format file, maka kita bisa dengan mudah membuka / mengimpor dari Microsoft Word, Excel dan Powerpoint dan format lainnya. Menyimpan file ke dalam format Microsoft Office dan format lainnya juga sangat mudah di lakukan.
Bagi kawan dengen operasi windows yang ingin menginstall Libreoffice dapat langsung download Libreoffice Windows terbaru di sini.
Bagi kawan yang menggunakan OS Ubuntu 11.04 alias Natty Narwhal, Libreoffice telah menjadi aplikasi bawaan dan telah ter-index dalam repo. Namun bagi kawan yang masih menggunakan Ubuntu 10.04 alias Lucid Lynx dan Ubuntu 10.10 alias Maverick Meerkat tentunya masih menggunakan Openoffice sebagai aplikasi office bawaan. Berikut ini adalah bagaimana cara kita mengganti Openoffice menjadi LibreOffice, namun sebelumnya pastikan sudah terkoneksi ke internet terlebih dahulu.
  • Pertama, kawan harus meng-uninstall Openoffice dengan mengetikkan perintah berikut kedalam terminal Ubuntu:
    sudo apt-get purge "openoffice*.*"
  • Setelah itu tambahkan PPA Libreoffice dengan mengetikkan perintah berikut:
    sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
  • Lalu kita install Libreoffice dengan perintah berikut:
    sudo apt-get update && sudo apt-get install libreoffice
  • Setelah terinstall, ketik perintah berikut untuk menginstall tampilan Libreoffice untuk Gnome:
    sudo apt-get install libreoffice-gnome
  • Bagi kawan pengguna KDE (bukan Gnome), gunakan perintah berikut:
    sudo apt-get install libreoffice-kde
Selesai, kini Libreoffice telah terinstall secara penuh di Lucid dan Maverick kawan! ^_^

Share this

2 Responses to "Install Libreoffice Ke Ubuntu Lucid dan Maverick"

  1. kalo aq make lubuntu. untuk instal Libre Office pake yang mana?

    trus abiword dan gnumerik di uninstal dulu gak?

    thank . . .

    ReplyDelete
  2. @gandhung: Langsung tambah PPA aja: sudo apt-get update && sudo apt-get install libreoffice lalu ikuti lanjutan langkahnya spt di artikel d atas... Abiword ama Gnumerik dibiarkan aja klu mmg msh diperlukan, tp libreoffice ud lkp writer (word processor) dan calc (spreadsheet) kok... ^_^

    ReplyDelete

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.