Mar 9, 2010

Yang Harus Diketahui Tentang Linux

Yang harus diketahui tentang alasan kenapa begitu banyak orang menggunakan Linux
Linux. Satu kata yang masih asing bagi kebanyakan orang. Bahkan banyak pula yang hanya sekedar pernah mendengar tentang Linux tapi tidak benar-benar mengerti apa itu Linux. Linux merupakan sebuah sistem operasi yang bertipe UNIX. Sebagai sistem operasi, Linux memiliki tugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Hal ini membuat Linux sejajar dengan sistem operasi lain seperti Windows XP, Vista, Windows 7, ataupun Mac OS.
Hal-hal berikut akan memberikan gambaran umum mengenai alasan kenapa begitu banyak orang menggunakan Linux sebagai Sistem Operasi mereka.
  • Linux itu GRATIS. Ini merupakan alasan pertama dan utama kenapa banyak orang mulai mempelajari dan menggunakan Linux. Gratis disini berarti tidak harus membeli lisensi agar bisa menggunakannya. Lisensinya menggunakan GNU GPL sehingga Linux boleh di-download, digunakan, dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan dengan tetap menghormati kode etik dan lisensinya.
  • Linux untuk semua orang, tidak memiliki batasan strata sosial. Dari yang miskin, kaya, tua maupun muda, dari yang ahli di bidang komputer sampai ke orang awam semua dapat menggunakan Linux.
  • Linux itu powerfull dan stabil. Artinya Linux itu sangat handal digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk keperluan pribadi di rumah hingga keperluan profesional di perusahaan besar. Perusahaan sebesar Amazon bahkan menggunakan Linux sebagai platform layanan Cloud Computing mereka.
  • Linux mudah digunakan. Jika masih ada yang menganggap Linux sangat sulit di-operasikan, maka sudah ketinggalan zaman. Penggunaan Linux saat ini sudah sangat user-friendly, karena sudah memiliki interface (antarmuka) grafis yang baik.
  • Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan standar protokol keamanan yang sangat secure. Terbukti server Linux (dengan firewall-nya) sulit untuk ditembus.
  • Linux kebal virus. Linux tidak mengenal file-file executables-nya Win32, dan tidak mengizinkan file apapun untuk aktif tanpa sepengetahuan dan izin dari user. Dari puluhan ribu virus untuk OS Windows yang ada, tidak ada satupun yang bisa menginfeksi Linux. Jadi, menggunakan Linux tidak perlu pusing mencari antivirus yang cocok.
  • Linux bersifat Opensource. Artinya Linux bebas dimodifikasi dan dikembangkan sesuka hati dan sesuai kebutuhan.
  • Linux dikembangkan oleh banyak orang dari seluruh dunia. Karena bersifat opensource, Jutaan orang telah, sedang dan terus berpartisipasi dalam mengembangkan Linux. Setiap bug yang ditemukan akan disempurnakan, sehingga jangan heran jika update pada Linux hampir sesering seperti update pada antivirus.
  • Linux didukung oleh software yang juga terus berkembang. Karena bersifat opensource, Linux memiliki banyak software-software yang bisa digunakan secara gratis. Selain gratis, software-software tersebut juga terus dikembangkan sehingga setiap hari semakin banyak bermunculan software baru.
  • Linux memiliki tampilan interface (antarmuka) yang cantik. Tampilannya unik, lucu, menarik, dan keren (tergantung distro apa yang digunakan).

Yang harus diketahui tentang alasan kenapa begitu banyak orang menggunakan Linux

  • Linux didukung banyak komunitas. Linux memiliki banyak grup dan komunitas pengguna yang sangat aktif untuk menjawab troubleshooting dan solusi untuk masalah-masalah kita.
  • Linux sering melakukan update. Hal ini dikarenakan jutaan user dari seluruh dunia turut serta dalam mengembangkan Linux, sehingga setiap kali didapati bug maka akan segera diperbaiki bersama-sama.
  • Linux memiliki banyak pilihan distro. Distro merupakan variasi dalam Linux, dimana setiap distro memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing. Terdapat banyak sekali distro Linux yang bebas dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Jika kurang puas, kita bahkan bisa membuat sendiri distribusi Linux (distro).
  • Linux dapat dipasang berdampingan dengan Sistem Operasi lainnya, bahkan dalam satu harddisk sekalipun. Hal ini sangat berguna bagi kita yang belum siap migrasi penuh ke Linux, masih menggunakan OS lain (seperti Windows) namun juga ingin mencoba dan mempelajari Linux.
  • Linux memiliki kompatibilitas terhadap aplikasi dan data sistem operasi lain. Artinya, Linux sudah dapat menjalankan berbagai macam aplikasi yang didesain untuk Sistem Operasi lain.
  • Linux dapat jalan pada berbagai konfigurasi hardware. Tidak perlu komputer canggih untuk menjalankan Linux, dan Linux dapat jalan pada berbagai macam hardware.
  • Linux memiliki pertumbuhan user yang terus meningkat. Semakin hari semakin banyak orang yang mulai menggunakan Linux. Hal ini akan menjamin Linux akan semakin mendapat banyak dukungan untuk menjadi Sistem Operasi yang semakin handal.
  • Linux terus berkembang. Tidak ada proyek linux yang akan selesai, tiap hari terus menjadi lebih baik.

Masih ragu untuk mencoba Linux???

Share this

2 Responses to "Yang Harus Diketahui Tentang Linux"

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.