Mar 17, 2010

Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
Mastereon - Bagi kawan yang ingin meng-install Ubuntu 9.10 berikut ini adalah tutorial dasarnya. Sebenarnya memang agak terlambat, karena bulan April ini akan di release Ubuntu 10.4 Lucid Lynx, namun cara meng-install Ubuntu dari versi ke versi tidaklah jauh berbeda sehingga tutorial berikut bisa sangat membantu kita saat meng-install Ubuntu 10.4 nanti.
Menyiapkan Ubuntu CD Image
Untuk meng-install Ubuntu di perlukan CD install Ubuntu yang bisa di download di http://www.ubuntu.com/getubuntu/download.
Setelah di download, file hasil download tersebut di burn ke CD. Ubuntu CD Image sudah siap digunakan untuk meng-install Ubuntu.
Booting dari CDROM
Agar dapat menginstall Ubuntu, komputer atau laptop harus disetting agar booting dari CD. Untuk menyettingnya, kita dapat melakukannya melalui BIOS yaitu dengan menekan tombol F2 pada saat startup komputer (untuk masuk ke halaman setting BIOS), dan lakukan setting-an sesuai pilihan pada BIOS untuk mengganti pilihan booting.
Masukkan Ubuntu CD Image lalu restart komputer, dan pada layar menu booting ubuntu, kita akan diberi beberapa pilihan:
  1. Try Ubuntu - untuk mencoba Ubuntu langsung dari CD
  2. Install Ubuntu - untuk menginstall ubuntu
  3. Check disk - untuk mengecek cd
  4. Test memory - untuk mengetest RAM
  5. Boot from - untuk mem-boot OS di hardisk
Setelah memilih Install Ubuntu dengan menekan tombol panah bawah lalu Enter, kita akan dibawa ke layar pesan booting.
Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
  1. Memilih Bahasa
    Pertama kita akan diminta memilih bahasa yang akan menjadi bahasa default sistem kita. Kita bisa mengubah bahasa nanti (setelah ter-install) melalui menu System  Administration  Language Support. Agar lebih mudah, pilih English. Klik Forward.
    Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
  2. Memilih Lokasi dan Zona Waktu
    Selanjutnya kita diminta untuk memilih lokasi dan zona waktu sesuai lokasi dan zona waktu kita saat ini. Hal ini penting karena beberapa setting-an akan otomatis mengikuti lokasi kita. Seperti lokasi server repository terdekat dengan lokasi kita saat ini. Menggunakan server yang lebih dekat tentu akan menghemat bandwith dan mempercepat waktu downloadnya. Cara yang lebih cepat yaitu dengan meng-klik saja kota kita di peta. Klik Forward.
    Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
  3. Memilih Layout Keyboard
    Biasanya kita menggunakan keyboard USA. Jika PC/Laptop kita menggunakan keyboard jenis lain, kita bisa memilih dari daftar yang tersedia. Jika kita tidak tahu, kita bisa melakukan test dengan mengetik di field yang tersedia di kiri bawah. Selanjut nya klik Forward.
    Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
  4. Mem-partisi Hardisk
    Bagian ini merupakan bagian tersulit dan terpenting dari proses instalasi. Kesalahan dalam mem-partisi bisa mengakibatkan kita kehilangan data. Sebab itu, kita sebaiknya melakukan backup terlebih dahulu. Ada 3 pilihan dalam meng-install Ubuntu:
    Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
    • Install Ubuntu berdampingan dengan Sistem Operasi lain (Dual-boot dan berbagi partisi, mis. dgn Windows). Pilih : "Install them side by side, choosing between them at each startup".
    • Menghapus Sistem Operasi yang lama, lalu meng-install Ubuntu dan memformat seluruh Harddisk. Pilih : "Use the entire disk".
    • Install Ubuntu pada partisi yang kita tentukan secara manual. Pilih : "Specify partitions manually".
    Disarankan agar memilih yang terakhir "Specify partitions manually" agar tidak berresiko pada sistem operasi yang lama dan data pada Harddisk. Klik forward, setelah memilih opsi ini.
    Ubuntu di-install dengan skema partisi:
    • Partisi root  mount point (/) – disarankan 5-10 Gb
    • Partisi swap  mount point (swap area) – Umumnya 2x nilai RAM kita. (Jika RAM 1Gb, partisi yang di isi 2048)
    • Partisi home  mount point (/home) – sebaiknya sisa/bagian terbesar hardisk
    Click and drag pada bagian yang kosong, pilih New Partition untuk membuat partisi baru. Buatlah 3 partisi seperti skema di atas lalu Klik OK.
    Untuk membuat dual-boot (pilihan a) partisi harus di persiapkan dahulu, bisa langsung saat instalasi tahap ini, bisa dengan cara menggunakan software pembagi partisi misalnya partition magic (lewat windows).
    Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
  5. Membuat User (Pengguna)
    • Isikan nama kita pada field "What is your name"
    • Isikan Username untuk login kita pada field "What name do you want to use log in"
    • Isikan pasword kita pada field "Choose a password to keep your account safe"
    Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
    Selanjutnya pilih opsi "Log in automatically" jika kita ingin login otomatis tanpa mengisi pasword dan username pada saat StartUp.
  6. Migrasi Dokumen dan Setting
    Tahap ini adalah untuk mengimpor dokumen dan setting (termasuk wallpaper) dari windows. Kita bisa memilih untuk tidak melakukan impor sama sekali, atau mengimpor setting dan file tertentu saja. Agar tidak bingung, sebaiknya jangan impor sama sekali. Selanjutnya klik Forward.
  7. Summary, Instalasi GRUB
    Sebelum memasuki tahap instalasi yang sesungguhnya, kita akan diminta melihat summary, memeriksa dengan baik keseluruhan setting sebelum menginstall. Pada menu ini, kita juga bisa memilih untuk membatalkan instalasi, dengan meng-klik "Quit" dan kita bisa memilih dimanakah kita akan menginstall GRUB (Boot Manager/Loader) atau malah tidak menginstall GRUB sama sekali jika kita tidak memakai dual boot.
    Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
Selanjutnya klik Install dan tunggu hingga proses peng-install-an selesai. Setelah selesai kita akan di minta untuk me-restart PC/Laptop kita dengan meng-klik "Restart Now".
Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
Jika ditemui masalah atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan langsung berdiskusi di link berikut:
Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala
Semoga membantu. ^_^
Artikel dari Mastereon dan buayak
Pastikan Operasi Sistem Anda Linux

Share this

0 Comment to "Panduan Dasar Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.