Mar 1, 2010

Optimalkan Google Chrome Browser dengan Extensions

Optimalkan Google Chrome Browser dengan Extensions
Mastereon - Google Chrome telah mengidentikan diri sesuai namanya sebagai browser yang cepat dan ringan, meskipun hal tersebut ditebus dengan kurangnya dukungan ekstensi pihak ketika. Sebagai browser streamlined, Google Chrome menghapus sebagian besar komponen yang tidak diperlukan untuk memaksimalkan kecepatan merambah web. Namun banyak orang menganggap Google Chrome sebagai browser yang miskin fungsi. Walaupun masih terbatas, beberapa extensions berikut (atau Add-ons untuk Firefox) dapat mengoptimalkan fungsi Google Chrome.
  1. Google Chrome BackUp
    Google Chrome BackUp merupakan tool berukuran kecil yang bisa diinstal dan dijalankan secara bebas pada Google Chrome. Memungkinkan kita mem-backup dan me-restore setting-setting profile pengguna pengguna Chrome. Extension wajib bagi kita sebelum menambah extensions lainnya.
  2. Xmarks
    Chrome 4 mengenalkan sinkronisasi bookmark untuk Chrome, namun bila kita ingin membagi bookmarks dan passwords ke beberapa browser (IE, Firefox, Opera), Xmarks adalah extension yang tepat. Selain itu Xmarks juga dapat dijadikan sebagai alat backup bookmarks pada Chrome.
  3. MyWOT
    Jika kita ingin surfing dengan menggunakan Chrome dan tetap aman dalam browsing, ada baiknya menggunakan MyWOT (My Web of Trust). Extension ini akan menilai seberapa baik situs-situs maupun search engine dengan sebuah traffic-light system, yang akan segera memberikan peringatan pada kita saat akan mengunjungi situs-situs yang miskin reputasi.
  4. AdSweep
    AdSweep adalah extension ad-blocker yang akan menghapus sebagian besar iklan pada halaman web.
  5. Chromed Bird - Twitter Extension
    Extension yang satu ini akan menambahkan sebuah tombol ke toolbar Chrome yang akan mempermudah kita mengakses akun Twitter.
  6. Session Saver
    Chrome memang bisa mengembalikan tab-tab dari sesi browsisng terakhir, tapi dengan extension ini kita dapat menyimpan koleksi tab dan mengembalikannya (restore) saat dibutuhkan. Session Saver juga dapat digunakan untuk meng-export tab-tab tersebut ke bookmark.
  7. YouTube Downloader
    Dengan extension ini akan memudahkan kita yang hobi download video-video dari youtube dan berfungsi sebagai download manager. Begitu diinstall, kita cukup mencari tombol download berwarna kuning disebelah kanan video yang dimainkan.
  8. Google Chrome Dual View
    Extension ini mampu menampilkan 2 website dalam satu layar widescreen untuk perbandingan kedua website tersebut satu sama lainnya tanpa perlu berganti tab. Misalnya, kita bisa melihat perbandingan tampilan hasil pencarian antara mesin mesin pencari Google dan Yahoo untuk satu kata kunci yang sama.
  9. Fit to Width
    Fit to Width adalah extension pintar yang akan mengatur website yang kita buka agar pas dengan jendela browser monitor kita. Jadi jika website tampil dengan horizontal scrollbar, cukup dengan meng-klik tombol Fit to Width maka website tersebut akan disesuaikan ukurannya dengan jendela browser.
  10. Gmail Checker
    Dengan Gmail Checker kita dapat menampilkan secara cepat (sekilas) pesan-pesan yang belum terbaca di Inbox Gmail kita. Extension ini menempatkan sebuah tombol di toolbar yang jika di klik maka akan mem-preview semua unread messages.
  11. AdThwart
    Aplikasi ad-blocker paling populer. Sangat berguna bagi pengguna yang merasa risih dengan iklan-iklan yang ada di situs-situs kesayangan mereka. Fungsi extension ini kurang lebih sama dengan ad-blocker milik Firefox. Pengguna juga dapat mengkustomisasi filter pada aplikasi ini.
  12. Google Translate
    Ini adalah salah satu aplikasi extension yang wajib dimiliki. Dibangun oleh tim khusus Google yang menangani translate bahasa, extension ini sangat mudah digunakan. Pengguna hanya cukup untuk membuka sebuah situs, dan kemudian Chrome akan segera mendeteksi bahasa apa saja yang ingin ditampilkan. Klik tombol translate dan beberapa detik bahasa dalam halaman tersebut akan segera berubah.
  13. Google Wave Notifier
    Sesuai namanya, extension ini berfungsi sebagai penanda pada Google Wave. Ada sebuah ikon kecil pada Chrome toolbar yang menunjukkan angka Wave yang belum terbaca. Pengguna juga bisa mengkustomisasi aplikasi penanda ini.
  14. RSS Subscriptions
    Sebuah extension yang berfungsi untuk membaca RSS saat kita browsing. Secara umum fungsinya mirip seperti yang dimiliki Firefox. Pengguna cukup meng-klik display dan melihat update informasi apa saja yang mereka butuhkan. Walau terkesan sederhana, namun ini adalah salah satu extension yang cukup berguna.
  15. Google Talk from Your Browser
    Dengan extension ini, kita dapat menambahkan fitur Google Talk langsung pada Chrome. Cukup klik icon Gtalk, masukkan username dan password Gmail/Gtalk maka kita siap ber-chatting via Gtalk lewat Chrome.
  16. Facebook Dashboard
    Extension ini memungkin kita untuk meng-update status facebook, membaca inbox pesan, melihat aktifitas terakhir teman, juga memberi "Like" pada status teman tanpa perlu membuka halaman web facebook.

Untuk extensions lainnya silahkan di cek di https://chrome.google.com/extensions dan http://www.chromeextensions.org. Selamat mencoba ^_^

Share this

0 Comment to "Optimalkan Google Chrome Browser dengan Extensions"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.