Dec 18, 2009

Tweaking Windows Buat Pemula

Ada banyak penyebab kenapa Windows kita terasa sangat lambat, baik saat start up ataupun selagi digunakan, selain karena faktor spesifikasi dari komputer, juga bisa di sebabkan karena ketidak-effesienan kita dalam mengelola atau merawat komputer itu sendiri. Management file, virus, spyware, malware, software atau aplikasi yang ada di dalam komputer juga sangat berpengaruh pada optimasi windows. Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan kinerja dari windows:
  • Pastikan Anda menggunakan Antivirus yang terpercaya,  dan selalu meng-update-nya secara berkala, hal ini untuk mencegah virus-spyware-trojan baru yang akan menyerang komputer Anda. Sebaiknya jangan menginstall banyak antivirus dalam komputer.
    Jika perlu gunakan juga anti-spyware atau anti-malware, untuk mencegah data anda di sabotase oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Lakukanlah perapian file menggunakan tools windows (Defragment) secara berkala. Untuk lebih memudahkan caranya sebagai berikut :
    Klik pada [Start] → All program → Accessories → System Tools → Disk defragmenter.
    Klik tombol defargment untuk direktori yang ingin dirapikan → misalnya di D atau C
  • Bersihkan komputer anda dari Junk file. Semua aktivitas yang kita lakukan pada komputer akan terekam dan di simpan oleh system windows, seperti history dan cache sebaiknya di hapus saja, karena hanya menumpuk seperti sampah saja. Caranya bisa anda hapus dengan cara manual: Klik kanan pada [Start] lalu pilih Explorer → tekan Ctrl+h → dan haspus semua History yang ada.
  • Selanjutnya buka Windows Explorer dan cari folder C:\Windows\Prefetch dan hapus semua file yang ada dalam folder tersebut.
  • Selanjutnya Anda bisa membersihkan registry dari junk file, tapi sebaiknya berhati-hati untuk membersihkan registry file, karena jika anda salah menghapus file, akibatnya justru windows bisa hang. Tapi tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak sekali tools-tool tweaking untuk windows gratis yang bisa di andalkan, diantaranya yang saya rekomendasikan yaitu CCleaner. Download CCleaner di sini:
Tips Tweaking Windows Buat Pemula
  • Pastikan anda mematikan atau men-disable-kan semua aplikasi dan service yang tidak di perukan di dalam komputer anda, dan gunakanlah software yang memang anda perlukan saja.
  • Dan pastikan pula porgram atau software yang start up tidak terlalu banyak, karena hal ini akan menyebabkan windows akan sangat lambat pada saat start up. Cara untuk melihat program atau software apa saja yang load pada saat startup, silahkan tekan kombinasi logo windows (pada keyboard) + R atau dengan cara manual  klik [Start] dan klik RUN dan ketik MSCONFIG pada text box yang keluar pada saat anda menekan atau mengklik RUN. Setelah itu akan keluar “System Configuration”. Klik tab STARUP dan ceklist software atau aplikasi yang di rasa tidak terlalu penting, sebaiknya startup tidak terlalu banyak, pakai saja seperlunya. Klik Applly dan restart windows anda. Dan kinerja windows anda bisa di pastikan jauh lebih baik dari sebelumnya.
Semoga bermanfaat...

Share this

0 Comment to "Tweaking Windows Buat Pemula"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.