Nov 27, 2009

Tips Jika Akun Facebook Anda di Hack

tips jika akun facebook di hack
Mastereon - Kemarin akun facebook saya menjadi korban hack. Suatu pengalaman pahit, namun berharga karena dengan begitu kita bisa lebih hati-hati dan dapat belajar darinya. Butuh waktu dan kesabaran untuk memperbaiki 'kerusakan' yang diakibatkan ulah oknum usil ini, bahkan sampai sekarang pun akun facebook saya belum pulih sepenuhnya.
Telah banyak kasus hack yang terjadi pada akun Facebook, dan hal ini bukan merupakan hal yang aneh, mengingat facebook sebagai sebuah situs pertemanan paling populer saat ini. Hal ini juga pernah terjadi (bahkan  sangat sering) pada Friendster dan MySpace.
Kebanyakan kasus hack facebook dengan cara seperti ini :
  • Dengan membekukan alamat email kita. Cara ini membutuhkan suatu software yang bernama facebook freezer.
  • Dengan membuat halaman login palsu / fake login. Caranya dengan menyebarkan link-link yang menuju halaman login facebook.
  • Dengan menggunakan software keyboard (keylogger), yaitu software yang merekam aktifitas keyboard Anda.
  • Dengan menggunakan software pencuri password.
  • Dengan instruksi melalui Inbox anda, biasanya disamarkan sebagai instruksi untuk meng-hack facebook orang lain, ternyata yang di hack adalah facebook sendiri.
  • Beberapa website meminta anda menyertakan alamat website pribadi seperti Multiply, Blogger, WordPress, Friendster, Twitter, Plurk dan yang lainnya. Untuk itu jika anda memiliki website dan menyertakannya di Facebook harap jangan menampilkan alamat email di website pribadi anda.
Tips-tips proteksi facebook agar terhindar dari ulah para hacker !!
  • Jangan pernah mengumbar alamat email secara berlebihan. Khususnya dengan orang-orang yang belum kita kenal.
  • Sembunyikan alamat email yang berada di kotak informasi facebook anda. Caranya Pilih Settings lalu klik Privacy Settings, lalu pilih menu Profile, kemudian pilih Contact Information, kemudian di drop down menu IM Screen Name dan Email Screen Name di ubah menjadi “no one“.
  • Jangan mudah percaya dengan orang-orang yang baru anda kenal.
  • Jangan mudah mengikuti instruksi yang dikirimkan ke Inbox Anda, berhati-hatilah karena tidak akan ada yang bertanggung jawab atas instruksi tersebut.
  • Kalau anda online di warnet, jangan lupa bersihkan cookies anda !
  • Berhati-hatilah ketika kita dikasih suatu link yang tujuannya belum kita ketahui dan jangan langsung klik link tersebut.
  • Selalu bersikap baik dengan teman-teman facebook yang kita punyai. Karena kebanyakan yang nge-hack facebook itu teman facebook kita sendiri.
Jika akun Facebook telah di hack, lakukan:
Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Share this

3 Responses to "Tips Jika Akun Facebook Anda di Hack"

  1. fake = nipu ??? kemaren gw posting film .... file isinya virus + katanya fake,

    ReplyDelete
  2. Artikel yang bermanfaat... takut deh kalo facebook kena hack... thanks infonya

    ReplyDelete
  3. [...] sebagai peringatan buat temen-temen, gw nulis juga di Mastereon artikel Tips Jika Akun Facebook Anda di Hack sekaligus tips-tips jika akun kita di hack. Entah apa sebenarnya yang dicari oleh si hacker [...]

    ReplyDelete

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.