Nov 26, 2009

Tipe dan Kualitas Film Download

Tipe dan kualitas film download
Mastereon - Untuk men-download sebuah film, seringkali ditemukan istilah-istilah seperti DVDRip, TSRip, Cam, PSP, DVDSCR, R5, dan lain-lain pada keterangan file film yang akan di download. Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai istilah-istilah tersebut. Sebuah file film yang di-download memiliki 2 atribut penting yang harus kita perhatikan sebelum men-download, yaitu Tipe File dan Kualitas Film.

Tipe File

Tipe file merupakan ekstensi file film yang menetukan media player yang bisa memutarnya. Beberapa tipe file yang paling sering ditemukan pada file film antara lain FLV, AVI, MP4, MKV, 3GP, dan RM. Untuk memutar masing-masing jenis file biasanya menggunakan player yang berbeda-beda, namun sebagai rekomendasi bisa digunakan GOM Player, yang merupakan multimedia player yang bisa memutar banyak jenis video file.

Kualitas Film
  • BRRip: Salinan asli BluRay dengan kualitas terbaik. Kualitas ini jauh lebih baik dibandingkan kualitas DVDRip.
  • DVDRip: Salinan asli DVD. Kualitas baik sekali (kualitas dvd). Kualitas DVDRip siap download bila asli dvd telah ada di pasar. DVDRip dikeluarkan dalam bentuk SVCD dan DivX/XviD.DVDScr: Atau DVD Screener, biasanya sebuah duplikat dari PROMO Dvd. DVDScr kerluar sebelum DVD Original dipasarkan. Dalam gambar video biasanya terdapat "Water Mark", timer dan judul. Kadang di satu bagian film kedip hitam putih. Kualitas bagus.
  • R5: Format DVD yang dikeluarkan di DVD Region 5, negara bekas Soviet, dan bajakannya di distribusikan di Internet. Bersaing dengan pembajakan film, industri film memilih untuk membuat format baru untuk DVD yang bisa diproduksi lebih cepat dan ekonomis dibandingkan dengan DVD tradisional. Kualitas gambar bagus karena langsung di "RIP" dari DVD.
  • CAM: Cam adalah kulitasnya hasil dari rekaman digital camera. Kadang menggunakan mini tripod yang terkadang terlihat goncangan kecil. Dan juga kadang terekam penonton lalu lalang dari tempat duduk. Kualitas gambar jelek.
  • TS: Atau Telesync, hampir sama dengan CAM perbedaannya adalah menggunakan external audio source. Sumber audio langsung tidak menjamin kualitas suara yang baik, banyak suara latar dan gangguan. Kualitas sangat jelek.
  • TC: Telecine mesin membuat film digital dari film roll. Suara dan gambar umumnya sangat baik, tergantung peralatan yang digunakan. Kualitas lumayan.
  • PSP: Maksudnya adalah bahwa film tersebut di format untuk dapat diputar di konsol game PlayStation Portable (PSP) dan type file-nya adalah MP4. Biasanya film dengan tipe ini kualitas gambarnya sangat bagus dan ukuran file-nya cukup hemat.

Share this

0 Comment to "Tipe dan Kualitas Film Download"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.