Dec 1, 2009

Pengaturan Recycle Bin dengan Regedit

Tweaking RegEdit Recycle Bin
Mastereon - Recycle bin adalah tempat sampah terakhir sebelum akhirnya data yang dihapus hilang dari komputer. Recycle bin diberikan dengan berbagai ketentuan standar dari Microsoft.
Recycle Bin tidak dapat diganti namanya dan selalu terlihat sehingga dapat diakses siapa saja. Namun dengan sedikit tips pada registry, Anda dapat mengubah kedua hal tadi. Atau bila mau Anda juga dapat memberikan menu tambahan pada recycle bin Anda.
  1. Sembunyikan Recycle Bin
  2. Bila tidak suka keberadaan recyle bin pada desktop, Anda tidak dapat segera menghapusnya. Karena ini adalah satu-satunya icon yang sulit untuk disembunyikan. Untuk itu, Anda harus melakukannya dalam registry editor.
    Cara akses registry editor, pada Start Menu, pilih Run lalu ketik ‘regedit’ tekan OK. Lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Dektop/NameSpace. Lalu hapus subkey {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}.
  3. Ganti Nama Recycle Bin
  4. Bila Anda tetap ingin menampilkan recycle bin, tetapi tidak ingin tetap menggunakan nama ‘recycle bin’, maka Anda dapat dengan mudah menggantinya sesuai dengan yang diinginkan. Caranya pada registry editor, carilah key: HKEY_CLASSES_ROOT_CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}. Kemudian ganda pada option ‘Default’ di sebelah kanan. Kemudian gantilah nama ‘Recycle Bin’ tersebut dengan nama yang Anda kehendaki. Misalkan saja Anda menggantinya dengan nama ‘Tempat Sampah’, maka akan muncul nama ini di bawah icon recycle bin Anda.
  5. Munculkan Menu Rename
  6. Berkali-kali mengganti nama recycle bin dengan cara seperti pada langkah dua memang sangat merepotkan. Jika ingin tidak repot setiap kali mengganti nama recycle bin, munculkan saja opsi rename pada recycle bin tersebut. Caranya cari  HKEY_CLASSES_ROOT_CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-0AA002F954E}/ShellFolder. Kemudian klik ganda pada opsi Attributes yang ada di sebelah kanan. Kemudian ganti nilai yang tertera dengan 0000 50 01 00 20, kemudian tekan OK.
  7. Munculkan Menu Lain
  8. Langkah ketiga sebenarnya dapat juga Anda gunakan untuk menambahkan menu lain yang Anda ingin letakkan dalam recycle bin. Yaitu, menu-menu yang biasanya muncul pada Windows Explorer Anda. Namun, hanya ada satu value data yang dapat Anda masukkan. Dan setiap value data berisi satu atau lebih menu. Oleh sebab itu, pilih saja menu yang dibutuhkan atau paling sering Anda gunakan. Untuk setiap value data, Anda dapat melihatnya pada tabel di atas. Cara memasukkan value data ini sama dengan langkah ketiga.
  9. Tambahkan Menu Pribadi
  10. Anda juga dapat membuat menu khusus. Caranya: pergi ke HKEY_CLASSES_ROOT_CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}.Lalu klik kanan pada folder tersebut, setelah itu pilih New, Key, kemudian berikan nama Key tersebut Shell. Lalu pada folder yang beru juga buatlah key baru dan berikan nama aplikasi atau perintah yang diinginkan. Pada key tersebut buat jugalah key baru dan beri nama ‘Command’. Kemudian klik ganda pada opsi Default di sebelah kanan, dan masukkan path aplikasi atau file yang ingin Anda jalankan/buka. Kemudian tekan OK.
  11. Ganti Keterangan Info
  12. Anda dapat mengganti keterangan info ‘Contains the files and folders that you have deleted’ yang muncul setiap kali mouse Anda berada di atas folder recycle bin. Cara menggantinya adalah sebagai berikut. Masuklah ke dalam folder HKEY_CLASSES_ROOT_CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}. Lalu hapus opsi InfoTip yang ada di sebelah kanan. Setelah itu klik kanan lalu pilih New, String Value. Masukan nama string value yang baru dengan ‘InfoTip’. Kemudian klik ganda string baru tersebut lalu masukkan nama yang ingin Anda tampilkan. Lalu tekan OK.
  13. Ganti Icon Recycle Bin
  14. Anda juga dapat mengganti icon Recycle Bin Anda dengan icon lain yang diinginkan. Caranya tidak lagi menggunakan registry editor melainkan cukup dengan klik kanan pada desktop, Properties. Setelah pilih halaman Desktop, lalu tekan tombol Customize Desktop. Dalam halaman general, Anda dapat memilih icon mana saja yang akan diganti. Setiap memilih icon yang dikehendaki tekan tombol Change Icon. Jika ingin kembali ke pengaturan awal atau standar semula, tekan saja tombol Restore Default.
  15. Matikan Pertanyaan Konfirmasi Penghapusan File
  16. Hal yang paling membosankan dengan Recycle Bin adalah bahwa setiap kali kita menghapus file, selalu ditanya apakah akan benar-benar menghapus file tersebut. Untuk mematikan pertanyaan itu, buka klik kanan pada Recycle Bin, lalu pilih PropertiesP dan matikan tanda centang di depan Display delete confirmation dialog. Klik OK.
  17. Menghapus file langsung tanpa masuk ke Recycle Bin
  18. Catatan: File yang dihapus tidak bisa lagi restore!
    Caranya tekan tombol shift+del untuk menghapus file atau juga bisa dengan cara tekan tombol shift, terus klik pada toolbar, menu atau popup menu yg menyatakan delete.
    Edited from: http://apadong.net/index.php?topic=258.0;wap2

Share this

2 Responses to "Pengaturan Recycle Bin dengan Regedit"

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.