Cara Install CMS Manual di 000webhost

Cara Install CMS Manual di 000webhost
Mastereon - Setelah sebelumnya kita belajar Install CMS Otomatis Menggunakan Fantastico Autoinstaller 000webhost, sekarang kita akan belajar untuk meng-install CMS secara manual ke server hosting 000webhost. Hal ini sangat penting terutama karena saat ini fasilitas Fantastico Autoinstaller pada 000webhost sedang tidak bisa digunakan karena dalam tahap maintenance. Sebelumnya juga kita sudah mempraktekkan bagaimana Cara Upload Web File pada server 000webhost yang mana sekarang akan kita terapkan pula.
Untuk artikel ini, sekali lagi CMS yang akan kita install sebagai contoh adalah Wordpress, dan untuk cara meng-install CMS lainnya tidak akan terlalu jauh berbeda dengan Wordpress. Pertama-tama kita harus men-download CMS Wordpress terbaru di Wordpress.org. File hasil download berupa file ZIP, ekstrak (unzip) terlebih dahulu. Setelah di ekstrak maka terdapat sebuah folder Wordpress berisi file-file Wordpress.
Selanjutnya:
  • Login ke 000webhost dan masuk ke CPanel.
  • Kita akan membuat sebuah database untuk Wordpress dengan menggunakan MySQL. Klik MySQL.
cara install cms manual 000webhost

  • Lalu isi keterangan database seperti contoh gambar:
cara install cms manual 000webhost
  • Klik Create database.
  • Setelah database siap, kembali ke folder file Wordpress. Cari file wp-config-sample.php di dalam folder Wordpress, lalu buka dengan Notepad. Lalu edit isi file sesuai dengan database yang tadi kita buat, seperti contoh gambar:
cara install cms manual 000webhost

  • Setelah itu SAVE dan RENAME file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php.
  • Setelah beres, buka program Filezilla dan lakukan koneksi ke server hosting 000webhost. Jika bingung, baca lagi artikel Cara Upload Web File pada server 000webhost.
  • Upload semua isi folder Wordpress tadi ke folder public_html.
PENTING: Upload isi folder saja, folder Wordpress jangan di upload.
cara install cms manual 000webhost

  • Apabila proses upload telah selesai, sekarang coba ketikan nama domain di address bar, jika proses upload sudah benar, maka akan tampil halaman untuk membuat "Configuration File" namun sebelumnya kita harus merubah CHMOD di hosting dengan kode 777 agar hosting memberikan izin untuk melakukan perubahan terhadap file. Isikan nama database untuk wordpress, buat standar saja, misalnya "wp" dan isi password.
cara install cms manual 000webhost

cara install cms manual 000webhost
  • Setelah merubah CHMOD, sekarang ketik kembali nama blog, kemudian klik "Create a configuration file" dilanjutkan dengan mengetikan nama, username, password,  dan host.
PENTING: "Semua isian harus sesuai dengan yang tertera di mysql yang dibuat di account 000webhost"  untuk prefix lebih baik jangan dirubah, kemudian klik submit dan dilayar berikutnya klik “run the install”.
cara install cms manual 000webhost
  • Di layar berikutnya, ketik judul dan alamat email, setelah proses install selesai, kita akan mendapatkan username dan password untuk login ke wordpress.
PENTING: Simpan password wordpress sampai kita menggantinya dengan password yang baru. Klik Log-In dan isikan username dan password wordpress. Jika bisa masuk ke halaman dashboard, maka sudah dianggap berhasil membuat blog.
cara install cms manual 000webhost
  • Lakukan tes terakhir untuk memastikan bahwa wordpress telah selesai di-install dengan mengetikan nama domain di browser.
cara install cms manual 000webhost

Semoga berhasil... :-)
Source : http://8matley8.wordpress.com dan http://teguh.co.cc

1 comments:

  1. mantaff.. langsung praktek dan berhasiiilll membuat web pertama saya..terima kasih mas brooo....

    ReplyDelete

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.