Aug 18, 2009

Mengatasi Munculnya PSA pada Google Adsense

Mastereon - Teman-teman sesama publisher Google Adsense pasti pernah mengalami hal yang menjengkelkan ketika iklan Adsense yang kita sisipkan di blog/web kita muncul Public Service Advertisement (PSA). PSA itu sendiri adalah iklan layanan masyarakat yang jika di klik tidak akan memberi penghasilan bagi kita. Untuk mengatasi munculnya PSA pada Google Adsense tersebut, ada beberapa cara yang bisa di terapkan.
Kenapa PSA Muncul? Ada beberapa penyebab, tapi yang paling umum adalah:
  • Kode script Adsense berumur kurang dari 10 menit. Bagi iklan yang baru di generate memang butuh waktu 10 menit untuk bisa memunculkan iklan.
  • Adsense tidak menemukan iklan yang cocok dengan konten situs/blog.
  • Bahasa pada konten bukan bahasa yang di support oleh Google Adsense.
  • Konten mengandung STOP WORD alias kata-kata yang dilarang oleh Adsense, biasanya berupa kata makian, tidak sopan, berbau porno, SARA dan lain-lain.
  • Lengkapnya bisa dilihat di sini.
Untuk mengatasi munculnya PSA pada Google Adsense, langkah-langkah berikut bisa sangat membantu:
  • Memperbanyak penggunaan bahasa yang di support Adsense.
  • Untuk konten web/blog yang berbahasa Indonesia ada baiknya untuk memperbanyak penggunaan Bahasa Inggris pada meta tags, keyword, dan judul artikel. Jika perlu tambahkan 1-2 paragraf berbahasa Ingris untuk memancing Adsense menampilkan iklan.
  • Memanfaatkan Google Adsense Targetting.
  • AdSection Targetting adalah sebuah teknik untuk memunculkan iklan yang sesuai dengan isi konten dengan cara memberi 'tanda' pada isi konten. Teknik ini merupakan teknik yang memang disediakan oleh Google sendiri, dan biasanya baru menghasilkan efek setelah 1-2 hari diterapkan. Caranya adalah dengan meletakkan kedua script berikut sebagai 'tanda' di antara konten yang ingin kita targetkan iklannya:
    Isi konten 
    Script diatas disisipkan pada mode HTML halaman web/blog, dan bisa disisipkan langsung pada script template pada Blogger, Wordpress maupun Joomla.
  • Memanfaatkan Alternative URL.
  • Pada halaman konfigurasi iklan, Google mengizinkan kita untuk mengatur tampilan yang muncul jika Iklan tidak tampil. Secara default akan muncul PSA, namun kita bisa mengubahnya dengan men-direct alternative URL-nya ke link lain, bisa berupa gambar, banner affiliasi, iklan lain, dll.
    mengatasi munculnya PSA pada Google Adsense
  • Memanfaatkan Collapsing Ad Unit Script
  • Collapsing Ad Unit merupakan script dari Google untuk menghindari munculnya PSA atau iklan kosong yang muncul. Cukup 'save link as...' untuk pengguna firefox atau 'save target as...' untuk pengguna Internet Explorer pada file google_adsense_script.html lalu upload file tersebut di root domain sehingga URL-nya menjadi http://www.domainkamu.com/google_adsense_script.html, dan gunakan sebagai alternative URL pada konfigurasi iklan Adsense.
Semoga membantu...

Share this

0 Comment to "Mengatasi Munculnya PSA pada Google Adsense"

Post a Comment

DISCLAIMER - Mastereon.com does not host any files on it’s servers. All point to content hosted on third party websites. Mastereon.com does not accept responsibility for content hosted on third party websites and does not have any involvement in the downloading/uploading of movies, softwares, images or else. Mastereon.com just post links available in internet.